Seminar Adwar
(Advertainment as Transmedia Storytelling Medium)
Tempat :
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia
Hari/Tanggal :
Selasa, 18 April 2017
Jam : 13:00-16:00 WIB
Moderator : Calya Siregar
Pembicara :
1. Periklanan
dari segi Agency
- Wimala
Djafar (senior planning manager of Hakuhodo Indonesia)
- Adri
Zainuddin (creative group head of Iris Indonesia)
- Rahadian
Fajar A. (senior director of Flamingo)
2. Periklanan
dari segi Brand
- Adhitya
Insan (brand manager of Bukalapak)
- Dani
Rahman (manager general marketing strategy PT mandom Indonesia Tbk)
- Ongki
Kurniawan (head of marketing at Line Corp. Indonesia)
Demi
menciptakan interaksi dan engagement dengan konsumen, pemasar dan agensi
haruslah cakap dalam menggunakan media secara efektif. Integrasi antara konsep
Advertisement dan entertainment adalah kunci dari efektivitas kampanye dalam
perencanaan media. Dalam seminar ini akan di bahas tentang konsep Advertisement
dan Entertainment :
1. Kesimpulan
pembicara dari segi Agency :
Advertising Agency : Menangani
keseluruhan materi iklan, mulai dari strategi, kampanye promosi dan pembuatan
iklan itu sendiri, sampai ke media. Jenis seperti ini biasa dipegang oleh
agency multinasional, seperti BBDO, Ogilvy & Mather, dan McCann Erickson.
Ada pula agency yang biasa disebut specialist agency, yang menangani salah satu bidang tertentu saja, biasanya bidang media atau kreatif saja. Bidang kreatif ada yang hanya memberi service tertentu, misalnya above-the-line (iklan-iklan di surat kabar, majalah, televisi, radio, poster, dan lain-lain) saja, atau below-the-line (promosi-promosi lain yang menunjang kampanye iklan yang tidak menggunakan media, seperti sales promotions, merchandising, dan lain-lain).
Ada pula agency yang biasa disebut specialist agency, yang menangani salah satu bidang tertentu saja, biasanya bidang media atau kreatif saja. Bidang kreatif ada yang hanya memberi service tertentu, misalnya above-the-line (iklan-iklan di surat kabar, majalah, televisi, radio, poster, dan lain-lain) saja, atau below-the-line (promosi-promosi lain yang menunjang kampanye iklan yang tidak menggunakan media, seperti sales promotions, merchandising, dan lain-lain).
Entertainment Agency : Memberikan jasa
pelayanan yang berhubungan dengan apa pun yang menggunakan jasa model. Sebuah
entertainment agency mengatur fee
(imbalan jasa), sampai membuatkan jadwal kerja para model, juga menjamin profesionalitas
modelnya. Entertainment agency besar di
Jakarta, misalnya Look Models sudah merambah industri lain, yaitu event
organizer, TV production, dan lain-lain.
2. Kesimpulan
pembicara dari segi Brand
Dari segi brand pembuatan iklan harus
disertai pengetahuan tentang suatu brand yang akan kita iklan kan, dan
mempunyai solusi agar yang melihat iklan tersebut tidak mengganti channel saat
iklan tersebut di tampilkan di tv misalnya mengikuti trend ataupun viral yang
ada jadi iklan tersebut fresh dan menarik untuk di tonton, yang dimaksud dengan
fresh tersebut yaitu mengiklankan promo pada bulan yang bersangkutan dari brand
tersebut misalnya seperti Aplikasi Bukalapak sedang mengadakan diskon
besar-besaran dan diiklankan membuat orang yang menonton iklan tersebut
tertarik dan langsung buka Aplikasi Bukalapak.
Sertifikat Seminar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar