Sabtu, 22 April 2017

Review materi seminar Adwar Univ. Indonesia

Seminar Adwar (Advertainment as Transmedia Storytelling Medium)

Tempat                       : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia
Hari/Tanggal              : Selasa, 18 April 2017
Jam                             : 13:00-16:00 WIB
Moderator                   : Calya Siregar
Pembicara                   :
1.   Periklanan dari segi Agency
-       Wimala Djafar (senior planning manager of Hakuhodo Indonesia)
-       Adri Zainuddin (creative group head of Iris Indonesia)
-       Rahadian Fajar A. (senior director of Flamingo)
2.   Periklanan dari segi Brand
-       Adhitya Insan (brand manager of Bukalapak)
-       Dani Rahman (manager general marketing strategy PT mandom Indonesia Tbk)
-       Ongki Kurniawan (head of marketing at Line Corp. Indonesia)
Demi menciptakan interaksi dan engagement dengan konsumen, pemasar dan agensi haruslah cakap dalam menggunakan media secara efektif. Integrasi antara konsep Advertisement dan entertainment adalah kunci dari efektivitas kampanye dalam perencanaan media. Dalam seminar ini akan di bahas tentang konsep Advertisement dan Entertainment :
   
1.   Kesimpulan pembicara dari segi Agency :
Advertising Agency : Menangani keseluruhan materi iklan, mulai dari strategi, kampanye promosi dan pembuatan iklan itu sendiri, sampai ke media. Jenis seperti ini biasa dipegang oleh agency multinasional, seperti BBDO, Ogilvy & Mather, dan McCann Erickson.
Ada pula agency yang biasa disebut specialist agency, yang menangani salah satu bidang tertentu saja, biasanya bidang media atau kreatif saja. Bidang kreatif ada yang hanya memberi service tertentu, misalnya above-the-line (iklan-iklan di surat kabar, majalah, televisi, radio, poster, dan lain-lain) saja, atau below-the-line (promosi-promosi lain yang menunjang kampanye iklan yang tidak menggunakan media, seperti sales promotions, merchandising, dan lain-lain).
Entertainment Agency : Memberikan jasa pelayanan yang berhubungan dengan apa pun yang menggunakan jasa model. Sebuah entertainment  agency mengatur fee (imbalan jasa), sampai membuatkan jadwal kerja para model, juga menjamin profesionalitas modelnya. Entertainment  agency besar di Jakarta, misalnya Look Models sudah merambah industri lain, yaitu event organizer, TV production, dan lain-lain.

2.   Kesimpulan pembicara dari segi Brand
Dari segi brand pembuatan iklan harus disertai pengetahuan tentang suatu brand yang akan kita iklan kan, dan mempunyai solusi agar yang melihat iklan tersebut tidak mengganti channel saat iklan tersebut di tampilkan di tv misalnya mengikuti trend ataupun viral yang ada jadi iklan tersebut fresh dan menarik untuk di tonton, yang dimaksud dengan fresh tersebut yaitu mengiklankan promo pada bulan yang bersangkutan dari brand tersebut misalnya seperti Aplikasi Bukalapak sedang mengadakan diskon besar-besaran dan diiklankan membuat orang yang menonton iklan tersebut tertarik dan langsung buka Aplikasi Bukalapak.   


Sertifikat Seminar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar